8 Cara Hitung Peluang Lolos di SNMPTN 2021

Kompas.com - 13/01/2021, 11:55 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Jalur penerimaan Perguruan Tinggi Negeri ( PTN) lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) 2021 telah dimulai.

Seleksi SNMPTN 2021 dilakukan untuk menyaring peserta lulusan SMA, SMK, dan MA yang memenuhi syarat, pendaftaran, hingga proses penentuan di tiap PTN.

Baca juga: 7 Langkah Pengisian PDSS SNMPTN 2021

Nah, seberapa besar peluang kamu bisa menembus SNMPTN 2021? Supaya bisa memperoleh gambaran, kamu harus melakukan cara hitung yang benar, agar terbukti lolos SNMPTN 2021.

Melansir laman Rencanamu.id, Rabu (13/1/2021), menyebutkan ada 8 cara perhitungan yang bisa kamu lakukan, demi memastikan lolos SNMPTN 2021 atau tidak.

Cara menghitung peluang lolos SNMPTN 2021

1. Perhatikan kuota SNMPTN. Biasanya di berbagai perguruan tinggi minimal 20 persen yang akan dibuka lewat jalur SNMPTN.

2. Akreditasi dan performa sekolah berpengaruh dalam seleksi. Kalau sekolah akreditasi A, maka berpeluang lebih besar dari pada akreditas B atau C.

3. Jika sama-sama memiliki akreditasi A, tapi peserta yang berasal dari sekolah favorit atau terkenal, maka tentunya lebih diuntungkan dan berpeluang besar lolos SNMPTN.

4. Nilai rapor siswa juga sangat penting untuk penilaian lolos atau tidak di SNMPTN 2021.

5. Setiap PTN memiliki pertimbangan dan pembobotan sendiri bagi siswa yang memiliki prestasi untuk bisa lolos seleksi SNMPTN. Misalnya, juara 2 Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi.

Baca juga: Ini Cara Registrasi Akun LTMPT Sebelum Ikut SNMPTN 2021

6. Memang prestasi tidak wajib, hanya dicantumkan saja bila ada. Karena hal itu juga bisa menjadi penilaian di SNMPTN 2021.

Page:
Close Ads X