Calon Mahasiswa, Ini Besaran UKT Masuk ITB Tahun 2021

Kompas.com - 02/02/2021, 15:10 WIB
Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (IA-TL) ITB mengadakan diskusi terkait strategi dalam mewujudkan ITB sebagai eco-campus pada Jumat (15/5/2020) lalu melalui Zoom. Dok. ITBIkatan Alumni Teknik Lingkungan (IA-TL) ITB mengadakan diskusi terkait strategi dalam mewujudkan ITB sebagai eco-campus pada Jumat (15/5/2020) lalu melalui Zoom.

KOMPAS.com- Bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di Institut Teknologi Bandung ( ITB), pasti selalu mencari informasi seputar perkuliahan di ITB.

Selain pilihan program studi, salah satunya yang paling banyak dicari adalah terkait biaya pendidikan atau yang dikenal juga dengan Uang Kuliah Tunggal ( UKT).

Direktur Pendidikan ITB Arief Hariyanto mengatakan biaya pendidikan ITB kali ini, tetap mengacu pada dasar pemikiran agar terciptanya perguruan tinggi yang berkualitas.

"ITB punya target minimal di mana kami ingin meningkatkan kualitas sumber daya yang unggul. Sehingga ITB sudah menentukan berapa biaya dari setiap penerimaan," ujar Arief, dilansir dari laman Youtube ITB, Sabtu, (31/2/2021).

Ia mengatakan, UKT bukan satu-satunya komponen utama penerimaan ITB.

Baca juga: ITB Luncurkan Aplikasi Baru, Siap Terima Maba Lewat Tiga Jalur

"Tetapi tentu suatu komponen yang penting. Tidak mungkin kami menyelenggarakan pendidikan dengan kualitas yang tinggi dengan anggaran yang selalu kurang," kata dia.

Arief menjelaskan, berdasarkan peraturan rektor besaran UKT dibagi dalam lima golongan. Yakni, terendah nol rupiah hingga paling tinggi Rp 46,2 juta rupiah.

Secara rinci, ITB memisahkan UKT antara Fakultas/Sekolah bidang Sains dan Teknik dengan Fakultas/Sekolah bidang Bisnis dan Manajemen.

Untuk Biaya Pendidikan untuk Fakultas/Sekolah bidang Sains dan Teknik yang diterima dari jalur SNMPTN dan SBMPTN memiliki besaran biaya UKT per semester Rp 12,5 juta dengan iuran pengembangan institusi secara sukarela.

Sementara bagi calon mahasiswa dari jalur Seleksi Mandiri sebesar Rp 25 juta dengan minimum iuran pengembangan institusi sebesar Rp 25 juta.

Baca juga: 100 Kampus Negeri dan Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Page:
Close Ads X