Calon Mahasiswa Penghafal Quran, Ada "Golden Ticket" Masuk Unair

Kompas.com - 15/02/2021, 11:41 WIB
ilustrasi mengaji Dok PayTrenilustrasi mengaji

KOMPAS.com- Universitas Airlangga Surabaya membuka jalur "Golden Ticket" untuk siswa pendaftar pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

"Jalur ini dibuka saat pelaksanaan SNMPTN pada Selasa (16 Februari) hingga Sabtu (20 Februari) dan merupakan jalur percepatan yang bisa diraih oleh pendaftar SNMPTN dengan prestasi luar biasa," ujar Rektor Unair, Mohammad Nasih, dilansir dari laman unair.ac.id

Nasih menjelaskan, nilai akademik tak mutlak untuk bisa mencapai Golden Ticket. Mereka yang terpilih adalah yang dianggap memiliki prestasi luar biasa, yakni pengakuan dari institusi internasional yang terpandang dan kredibel, serta linier dengan program studi yang dipilih.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

"Meski bukan menjadi yang pertama, tapi tetap saja nilai akademik menjadi penentu selanjutnya," ucapnya.

Kriteria lainnya, peserta SNMPTN yang terpilih juga harus memiliki kemampuan kepemimpinan. Misal, pernah menjabat menjadi ketua OSIS dari sekolah terpandang dan sekolah dengan jumlah siswa tertentu.

Bisa juga, Penghafal Al-Quran ataupun penghafal kitab suci sesuai keyakinan yang berasal dari SMA atau sekolah yang tidak berbasis agama.

Nasih mengatakan siswa dengan kriteria tersebut dapat mendaftarkan diri melalui jalur Golden Ticket.

Baca juga: Peneliti Unair: Madu dari Lebah Ini Bantu Atasi Osteoporosis

Secara umum, kuota mahasiswa baru di Unair pada tahun ini dibagi untuk tiga jalur, yakni;

1. SNMPTN

2. SBMPTN

Halaman Berikutnya
Page:
Close Ads X