Undana Geser Jadwal UTBK Gelombang 1 akibat Bencana Alam

Kompas.com - 13/04/2021, 20:15 WIB
UTBK Undana digeser jadwal pelaksanannya karena bencana alam. DOK. LTMPTUTBK Undana digeser jadwal pelaksanannya karena bencana alam.

KOMPAS.com - Kejadian dampak siklon tropis Seroja yang melanda Nusa Tenggara Timur ( NTT) pada tanggal 4 April 2021 lalu di 11 Wilayah, mengakibatkan dampak yang besar.

Selain sejumlah fasilitas, rumah warga rusak, korban jiwa pun mulai berguguran dan hingga kini pencarian terus dilakukan.

Pemerintah juga terus memperbaiki sejumlah fasilitas dan pemulihan selama ada bencana alam yang terjadi di NTT. 

Dampak bencana alam ini, juga melanda keberlangsungan Ujian Tes Berbasis Komputer ( UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Nusa Cendana, Kupang NTT.

Baca juga: Peserta UTBK 2021, Ini Daftar Dokumen yang Harus Dibawa Saat Ujian

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT), Mohammad Nasih mengatakan digesernya jadwal UTBK di Undana karena listrik dan jaringan internet mati, serta sebagian ruang untuk pelaksanaan UTBK-SBMPTN Tahun 2021 terjadi kerusakan.

"Setelah dilakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dan mengingat pelaksanaan UTBK- SBMPTN 2021 gelombang 1 sudah harus dimulai pada tanggal 12 April 2021, sementara perlu tindakan dalam mempersiapkan pelaksanaan UTBK-SBMPTN Tahun 2021 di Pusat UTBK Undana," ujarnya, dilansir dari laman LTMPT.

Dari laman LTMPT, ada Surat Edaran Nomor 14/SE.LTMPT/2021 tentang Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 di Pusat UTBK Undana Pasca Terjadi Musibah. Dalam surat edaran khusus itu dinyatakan beberapa hal, yaitu:

1.Panitia pusat UTBK Undana sudah berusaha semaksimal mungkin agar dapat melaksanakan UTBK gelombang 1. Namun, sambungan Telkom dan listrik belum terselesaikan sampai Minggu (11/4/2021) sehingga pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 di Pusat UTBK Undana yang seharusnya dimulai hari ini belum dapat dilaksanakan.

Baca juga: Ikut Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Mahasiswa Bisa Dapat 20 SKS

2. Para peserta UTBK di Undana diminta untuk selalu melihat pemberitahuan melalui informasi resmi dari situs Undana dan situs dan media sosial LTMPT.

3. Panitia pusat UTBK Undana masih berusaha untuk bisa melaksanakan UTBK-SBMPTN 2021 di hari-hari akhir gelombang 1 bila kondisi sudah memungkinkan. Tapi, apabila pada gelombang 1 Pusat UTBK UNDANA belum dapat melaksanakan UTBK, maka pelaksanaan UTBK di Pusat UTBK Undana akan dimulai tanggal 19 April 2021 dan seterusnya (sebagai pengganti gelombang 1).

Page:
Close Ads X