Siswa SMA-SMK, Kuasai 5 Materi yang Sering Keluar di UTBK SBMPTN

Kompas.com - 19/07/2021, 08:10 WIB
UTBK 2020 di UGM Dok. UGMUTBK 2020 di UGM

KOMPAS.com – Bagi siswa SMA, SMK sederajat, ada tiga jalur yang bisa kamu tempuh untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri ( PTN) favorit.

Pertama melalui Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa.

Bila tak masuk SNMPTN, masih ada Seleksi Bersama Masuk PTN ( SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK) serta kriteria lain yang disepakati PTN.

Selain penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN, PTN dapat melakukan seleksi mandiri di mana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

Baca juga: Kalender Akademik SMA 2021-2022: Hari Libur, Jadwal Ujian, Seleksi PTN

Melansir laman LTMPT, materi UTBK 2021 terbagi menjadi Tes Potensi Skolastik (PTS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

TPS akan mengukur kemampuan kognitif yang diangga penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya perguruan tinggi.

Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar. Pada TPS, sebagian soal akan disajikan dalam bahasa Inggris.

Sementara itu, TKA akan mengukur Pengetahuan dan Pemahaman Keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Baca juga: Siswa SMA-SMK, Ini Mata Pelajaran yang Diperhitungkan di SNMPTN

Melansir laman Instagram Quipper Indonesia, hasil riset tim Quipper Video mendapati ada 5 materi yang paling sering muncul di UTBK edisi Saintek.

Halaman Berikutnya
Close Ads X