Calon Mahasiswa, UNS Buka 3 Jalur Seleksi PMB 2022

Kompas.com - 17/01/2022, 15:01 WIB
Universitas Sebelas Maret (UNS) menempati peringkat ke 1.201+ dari 1.662 perguruan tinggi di dunia dalam pemeringkatan THE WUR 2022.

Tangkap layar laman UNSUniversitas Sebelas Maret (UNS) menempati peringkat ke 1.201+ dari 1.662 perguruan tinggi di dunia dalam pemeringkatan THE WUR 2022.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret ( UNS) Surakarta membuka tiga jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ( PMB) pada tahun 2022.

Ketiga jalur tersebut yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM).

Baca juga: 15 Universitas Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2022, 5 dari PTS

Ketentuan mengenai SNMPTN dan SBMPTN diatur oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sedangkan SM diatur secara mandiri oleh UNS.

"Tahun 2022 ini, kami memiliki tiga jalur masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN dan SM," ucap Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho saat sosialisasi SNMPTN, SBMPTN, SM UNS 2022, seperti melansir laman UNS, Senin (17/1/2022).

Lewat kegiatan sosialisasi, dia berharap dapat memberikan informasi kepada para guru dan siswa SMA, SMK dan MA terkait penerimaan mahasiswa baru di UNS.

"Semoga adik-adik kelas 12 (calon mahasiswa) dan yang sudah lulus dua tahun lalu bisa mengikuti jalur masuk yang sudah kami sediakan," ujar Prof. Jamal.

Direktur Eksekutif LTMPT, Prof. Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, hanya sekolah yang menggunakan kurikulum nasional yang dapat mengikuti SNMPTN.

Sekolah menginputkan data nilai siswa ke PDSS yang kemudian akan diambil oleh LTMPT dengan tidak mengubah data sedikitpun.

Berkaitan dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), tes tertulis ini masih memiliki metode yang sama.

Akan tetapi, terdapat perbedaan pada bagian materi. Materi ujian pada tahun 2022 memuat tambahan ujian bahasa Inggris yang memiliki nilai tersendiri.

Page:
Close Ads X