Pentingnya Manajemen Waktu bagi Siswa Agar Sukses UTBK

Kompas.com - 31/01/2022, 15:39 WIB
Ilustrasi fitur Ruanguji pada aplikasi Ruangguru DOK. RuangguruIlustrasi fitur Ruanguji pada aplikasi Ruangguru

KOMPAS.com – Manajemen waktu merupakan kemampuan wajib yang harus dimiliki setiap orang agar dapat memaksimalkan 24 jam waktu dalam sehari untuk produktif beraktivitas.

Melansir laman resmi Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Senin (20/12/2021), manajemen waktu juga penting dimiliki oleh siswa.

Memiliki manajemen waktu yang baik akan memungkinkan siswa untuk membuat jadwal kegiatan, menentukan prioritas kegiatan, memaksimalkan waktu luang, mendapatkan waktu istirahat, dan mengasah keterampilan.

Selain itu, siswa juga butuh kemampuan manajemen waktu agar mampu mengerjakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan cepat dan tepat.

UTBK adalah tes masuk perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Baca juga: Kapan UTBK-SBMPTN 2022 Dilaksanakan? Simak Informasi Berikut...

Dikutip Kompas.com dari laman resmi LTMPT, Jumat (26/3/2021), nantinya hasil UTBK akan dijadikan penentu bagi siswa kelas 12 sekolah menegah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) yang mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Adapun tujuan dari UTBK adalah memprediksi apakah calon mahasiswa akan mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu.

UTBK memungkinkan calon mahasiswa mengikuti tes secara fleksibel dengan memilih sendiri lokasi dan waktu tes yang diinginkan.

Karena hasil UTBK begitu penting bagi siswa kelas 12 SMA atau SMK, persiapannya tidak boleh sembarangan.

Baca juga: Siswa Kelas 12, Ini Tips Sukses Hadapi UTBK SBMPTN 2022

Dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Senin (31/1/2022), Ruangguru memberikan lima tips manajemen waktu bagi siswa agar sukses dalam UTBK:

Page:
Close Ads X