Cek 8 Jurusan Soshum Paling Favorit, Jadi Referensi Ikut SNMPTN 2022

Kompas.com - 04/02/2022, 14:03 WIB
Ilustrasi kuliah di luar negeri. ShutterstockIlustrasi kuliah di luar negeri.

KOMPAS.com - Salah satu trik sukses lolos dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 adalah cermat dalam menentukan jurusan.

Pilihan jurusan kuliah memang harus sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu.
Selain itu, calon mahasiswa juga perlu memperhatikan peluang masuk saat memilih suatu jurusan.

Bagi kamu calon mahasiswa yang hendak memilih jurusan di rumpun Sosial Humaniora (Soshum) ada beberapa jurusan paling favorit dalam pelaksanaan SNMPTN 2021.

Merangkum dari laman akupintar.id, Jumat (4/2/2022), ada 8 jurusan di rumpun Soshum yang paling banyak peminatnya di SNMPTN tahun 2021. Yuk ketahui bersama 8 jurusan Soshum paling diminati untuk dijadikan referensi memilih jurusan di SNMPTN 2022.

Baca juga: Aturan Kemendikbud Terkini, Ortu Boleh Pilih Anak Ikut PTM atau PJJ

8 jurusan Soshum paling favorit di SNMPTN 2021

1. Manajemen

Manajemen menjadi salah satu jurusan kuliah Soshum paling favorit di SNMPTN 2021. Jurusan Soshum yang satu ini memiliki tingkat keketatan SNMPTN 2021 paling tinggi berturut-turut di Universitas Negeri Jakarta, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Medan, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan Universitas Hasanuddin.

2. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi selalu jadi favorit anak IPS sejak dulu. Jurusan ini digaungkan sebagai jurusan kuliah bagi siswa IPS lantaran banyak yang berminat bekerja di bidang media. Jurusan Ilmu Komunikasi terfavorit di SNMPTN 2021 ini memiliki keketatan tertinggi berturut-turut di Universitas Negeri Jakarta, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Gadjah Mada.

Baca juga: Prof Nizam: Isu Masuk PTN lewat Jalur Belakang Itu Bohong

3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Banyak pula siswa IPS yang ingin menjadi guru. Jurusan PGSD pun selalu dibanjiri peminat tiap tahunnya. Keketatan masuk SNMPTN 2021 tertinggi pada jurusan PGSD ini berturut-turut berada di Universitas Sriwijaya dan Universitas Tanjungpura.

Halaman Berikutnya
Page:
Close Ads X