20 Kampus Terbaik Indonesia 2022 Versi Webometrics, Ada 4 PTS

Kompas.com - 04/02/2022, 16:27 WIB
Kain merah putih raksasa membentang di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pemasangan kain merah putih tersebut dilakukan oleh delapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UI. Dok. UIKain merah putih raksasa membentang di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pemasangan kain merah putih tersebut dilakukan oleh delapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UI.

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan universitas dunia Webometrics Ranking Web of Universities kembali melakukan pemeringkatan perguruan tinggi di dunia maupun Indonesia. Sebanyak 2.585 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) masuk dalam pemeringkatan Webometrics 2022.

Webometrics menempatkan Universitas Indonesia ( UI) di posisi satu di Indonesia dan peringkat 649 di dunia. Pada edisi sebelumnya di bulan Juli 2021, UI menempati peringkat 729 dunia, dan peringkat 9 Asia Tenggara.

Amelita Lusia, Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI mengatakan UI adalah satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam peringkat sepuluh besar di Asia Tenggara.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

Pada edisi Januari 2022, selain tetap berada pada posisi teratas di Indonesia, UI mencapai peningkatan yang luar biasa dengan menempati peringkat 649 dunia yang artinya UI berhasil melesat sebesar 80 peringkat apabila dibandingkan dengan tahun lalu. UI juga berhasil mempertahankan posisinya pada peringkat ke-9 se-Asia Tenggara.

Pemeringkatan Webometrics dilakukan oleh Cybermetric Lab yang merupakan kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol, terhadap lebih dari 31.000 Institusi Pendidikan Tinggi di dunia.

Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah, dan materi akademik lainnya.

Berikut 20 PTN dan PTN terbaik Indonesia versi Webometrics 2022:

1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat dunia: 649

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Halaman Berikutnya
Page:
Close Ads X