Viral, Unggahan Peserta UTBK-SBMPTN Tak Keluar Nilainya karena Disebut Langgar Tata Tertib

Kompas.com - 27/06/2022, 07:01 WIB
Viral cerita peserta SBMPTN 2022 yang mengaku nilai ujiannya tidak keluar karena dianggap melanggar tata tertib Viral cerita peserta SBMPTN 2022 yang mengaku nilai ujiannya tidak keluar karena dianggap melanggar tata tertib

KOMPAS.com - Media sosial belakangan diramaikan dengan unggahan-unggahan berisi cerita peserta Seleksi Bersama Masik Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 yang tidak keluar nilainya.

Hal itu diketahui ketika peserta mencoba untuk mengunduh sertifikat SBMPTN 2022.

Sebagai informasi, sertifikat UTBK-SBMPTN ini bisa digunakan untuk mendaftar seleksi mandiri di sejumlah kampus.

Dalam berbagai unggahan tersebut, ditekahui bahwa alasan tidak keluarnya nilai SBMPTN adalah karena adanya pelanggaran tata tertib.

"NILAI UTBK TIDAK DIBERIKAN, Karena Saudara Melakukan Pelanggaran Tata Tertib Peserta," demikian tertulis di laman unduh sertifikat UTBK-SBMPTN 2022 di sejumlah peserta.

Cerita tersebut diunggah oleh akun ini, ini, dan ini di media sosial Twitter.

Berikut cerita dari peserta dan respons dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT):

Baca juga: Cara Melihat Skor UTBK-SBMPTN 2022 dengan Mengunduh Sertifikat via Website LTMPT

Cerita peserta

Kompas.com menghubungi salah satu peserta yang mengalami kejadian tersebut melalui pesan langsung di media sosial Twitter.

Salah satu pengunggah yang tidak mau disebut namanya mengatakan bahwa dirinya sangat yakin tidak melakukan pelanggaran tata tertib apa pun.

"Saya dituduh melakukan kecurangan, padahal saya 100 persen tidak melakukan kecurangan," kata salah seorang pengunggah, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (26/6/2022).

Page:
Close Ads X