TeDi, Aplikasi Penyandang Disabilitas Pertama di Indonesia dengan Fitur Lengkap Karya Mahasiswa

Kompas.com - 05/08/2022, 10:51 WIB
Dua mahasiswa Universitas Padjadjaran bersama tim dari perguruan tinggi lainnya menjadi inisiator aplikasi ?Teman Disabilitas? atau ?TeDi?. Dok. UnpadDua mahasiswa Universitas Padjadjaran bersama tim dari perguruan tinggi lainnya menjadi inisiator aplikasi ?Teman Disabilitas? atau ?TeDi?.

KOMPAS.com - Menurut World Health Organization (WHO) tahun 2019, sebanyak 40 persen penyandang disabilitas memiliki lebih dari satu jenis disabilitas.

Inilah yang menjadi ide awal dibuatnya "TeDi: Teman Disabilitas", aplikasi all-in-one pertama di Indonesia yang mendukung beberapa jenis disabilitas.

TeDi menjadi aplikasi mobile pertama di Indonesia yang memiliki fitur lengkap untuk membantu tiga penyandang disabilitas, yaitu tunanetra, tunarungu, dan tunawicara.

Dibalik aplikasi ini, ada "tangan dingin" mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam tim lulusan terbaik program Bangkit Academy 2022 Kemendikbudristek.

Baca juga: Sosok Rizal, Wisudawan Terbaik Unpad Raih IPK 3,85 Lulus 3,5 Tahun

Mereka adalah Najma dan Julio Fahcrel yang merupakan mahasiswa Program Studi Statistika Fakultas MIPA Unpad, Pratama Azmi Atmajaya (Universitas Telkom), Sang Bintang Putera Alam (Politeknik Negeri Jember), Gilang Martadinata (Universitas Presiden), dan Hazlan Muhammad Qodri (UPN Veteran Yogyakarta).

Tawarkan beragam fitur

Dikutip dari laman Unpad, Aplikasi TeDi menawarkan fitur “Bisindo: Bahasa Isyarat Indonesia Translator” untuk menerjemahkan bahasa isyarat, “Object Detection” untuk mendeteksi obyek sekitar, “Currency Detection” untuk mendeteksi mata uang, dan “Text Detection” untuk membaca sebuah teks.

Selain itu, TeDi akan menghadirkan fitur baru berupa deteksi braille, belajar bahasa isyarat, pertolongan keluarga, serta fitur untuk disabilitas lainnya.

Tim mahasiswa menyebut, fitur lengkap yang dimiliki TeDi saat ini akan terus dikembangkan. Ke depan, tim akan menambah fitur kosakata gerakan bahasa isyarat menjadi lebih banyak.

Baca juga: Mahasiswa S1 Butuh Biaya Kuliah? Segera Daftar Beasiswa Grab 2022

TeDi juga akan bekerja sama dengan kegiatan peduli disabilitas dalam rangka pengembangan aplikasi dan wadah untuk menyosialisasikan manfaat dari aplikasi tersebut.

“TeDi berharap dapat terus membantu orang-orang yang membutuhkan, khususnya penyandang disabilitas, agar dapat berkomunikasi dan melakukan kehidupan sehari-hari dengan lebih mudah,” kata Najma.

Page:
Close Ads X