12 Mahasiswa Wakili Indonesia di Kompetisi Matematika Dunia 2022

Kompas.com - 05/08/2022, 13:41 WIB
Dua Belas Mahasiswa Indonesia Ikuti Ajang International Mathematics Competition 2022 Dok. PuspresnasDua Belas Mahasiswa Indonesia Ikuti Ajang International Mathematics Competition 2022

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional ( Puspresnas) mengirim 12 mahasiswa sebagai delegasi Indonesia untuk bertanding secara daring di ajang The International Mathematics Competition (IMC) ke-29 di Blagoevgrad, Bulgaria.

IMC tahun 2022 kali ini diikuti oleh sekitar 800 peserta dari 63 negara dan 222 universitas, berlangsung dari tanggal 1-7 Agustus 2022.

The International Mathematics Competition (IMC) merupakan kompetisi bergengsi tahunan di bidang matematika yang telah diselenggarakan sejak tahun 1993.

Baca juga: Mahasiswa S1 Butuh Biaya Kuliah? Segera Daftar Beasiswa Grab 2022

Delegasi Indonesia yang berada di bawah naungan Pusat Prestasi Nasional tergabung pada tim nasional yaitu Indonesia Math Team yang terdiri dari 12 orang mahasiswa.

Para mahasiswa merupakan pemenang Kompetisi Nasional Matematika dan IPA (KNMIPA) Tahun 2021 di bidang matematika.

Kedua belas peserta tersebut adalah Fahreezan Sheraz Diyaldin (Universitas Gadjah Mada), Steven Fernaldy Tanno (Universitas Indonesia), Abdillah Ahmad (Institut Teknologi Bandung), I Komang Sadhu Gunawan (Universitas Gadjah Mada), Fani Haerul Anam (Universitas Gadjah Mada), Muhammad Husnul Khuluq (Universitas Brawijaya), Aditya Wiranto (Institut Teknologi Bandung), Jeki Saputra (Universitas Hasanuddin), Fevin (Universitas Sumatera Utara), Arief Ranchman (Universitas Negeri Surabaya), Yuda Widanto (Universitas Sanata Dharma) dan Muhammad Nur Fadli (Universitas Diponegoro).

Pelaksanaan tes diadakan selama dua hari pada tanggal 3 dan 4 Agustus 2022, dengan soal-soal meliputi bidang aljabar, analisis real dan kompleks, geometri, serta kombinatorika.

Pihak penyelenggara akan menyediakan empat soal uraian setiap harinya, dengan waktu penyelesaian selama 4 jam.

Baca juga: Tanoto Foundation Buka Beasiswa S1, Beri Biaya Kuliah hingga Uang Saku

Dilanjutkan dengan pengoreksian dan moderasi yang dilakukan oleh juri dan team leader dan terakhir pengumuman pemenang yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2022.

Seluruh tahapan kompetisi diselenggarakan secara daring dengan penggunaan aplikasi zoom sebagai media pengawasan dikarenakan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 global yang pada umumnya masih fluktuatif.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi menyampaikan, Pusat Prestasi Nasional berkomitmen untuk tetap memfasilitasi pembinaan dan keikutsertaan talenta bidang matematika dalam IMC tahun 2022 ini.

"Dibekali niat dan semangat untuk mendorong antusiasme mahasiswa di Indonesia agar tetap dapat berprestasi pada level internasional di bidang matematika," paparnya dilansir dari Puspresnas.

Ia juga mengucapkan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh peserta delegasi Indonesia untuk IMC Tahun 2022.

Baca juga: Siswa Indonesia Raih 5 Medali Olimpiade Matematika Internasional 2022

“Semoga menjadi pemicu motivasi dan semangat bagi rekan-rekan mahasiswa lain untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan positif yang dapat memicu inovasi dan kreativitas di masa pemulihan pandemi ini. Tetap semangat berprestasi dari rumah, jujur itu juara,” kata Asep.

Close Ads X