Undip Terima 1.504 Mahasiswa KIP Kuliah, Termasuk Fakultas Kedokteran

Kompas.com - 12/08/2022, 12:21 WIB
Universitas Diponegoro (Undip) Semarang KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAUniversitas Diponegoro (Undip) Semarang
|

KOMPAS.com - Pada penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2022, jumlah pendaftar Universitas Diponegoro (Undip) sebanyak 157.872 orang yang berminat kuliah di Undip.

Peminat yang mendaftar kuliah di Undip itu mulai dari jalur SNMPTN, SBMPTN, serta UM (SBUB, IUP, UM dan UM Kemitraan).

Hal tersebut tidak lepas dari prestasi dan raihan Undip sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia. Dari pendaftar tersebut, 12.247 orang diterima menjadi mahasiswa Undip.

Baca juga: Pilot Wanita Garuda Indonesia Ini Ternyata Alumnus S2 Kenotariatan Undip

Menurut Kepala LP2MP (Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan) Undip, Prof. Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA., Universitas Diponegoro turut mendukung pemerintah dalam program bantuan pendidikan melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

" KIP Kuliah Merdeka adalah bentuk jaminan pembiayaan pendidikan dan bantuan biaya hidup kepada siswa dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan tinggi," ujarnya dikutip dari laman Undip, Kamis (11/8/2022).

Karenanya, dengan adanya program KIP-K semua siswa berhak melanjutkan kuliah di kampus impian dan memiliki kesempatan yang sama untuk diterima di fakultas favorit.

Bahkan Fakultas Kedokteran yang merupakan fakultas favorit yang banyak diminati juga menerima calon mahasiswa dari program KIP-K.

Tentu, biaya pendidikan di Fakultas Kedokteran terbilang tinggi, mengingat fasilitas dan alat kelengkapan untuk praktek mahasiswa Fakultas Kedokteran bernilai tinggi.

Baca juga: Kuliah Prodi Sastra Indonesia Undip, Ini yang Dipelajari dan Ragam Profesinya

"Namun demikian, Fakultas Kedokteran Undip tetap menerima calon mahasiswa dari program KIP Kuliah dengan syarat nilai hasil tes masuk atau ujian tinggi sesuai dengan standar kelulusan.

Tahun ini, Undip menerima 1.504 mahasiswa dengan KIP Kuliah, yang tersebar ke semua prodi S1 dan S1 terapan, termasuk prodi-prodi di Fakultas Kedokteran.

Page:
Close Ads X