Seleksi PTN 2023 Ganti Skema, Pahami SNBP-SNBT Pengganti SNMPTN-SBMPTN

Kompas.com - 01/12/2022, 11:35 WIB
ilustrasi ujian sekolah, kuliah. (Shutterstock) ilustrasi ujian sekolah, kuliah. (Shutterstock)

KOMPAS.com - Calon mahasiswa saat ini masih menanti sosialisasi resmi dari tim persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru ( SNPMB) 2023.

Sosialisasi dari tim persiapan SNPMB 2023 rencana dilakukan hari ini, Kamis (1/12/2022) pukul 13.00 WIB. 

Bagi yang berencana mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) atau sekarang disebut Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) perlu tahu skema terbaru seleksi masuk PTN di tahun 2023 mendatang.

Seperti yang disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim beberapa waktu lalu, bahwa seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) mengalami perubahan skema.

Baca juga: Nadiem Makarim Hapus Tes Mata Pelajaran pada Jalur SBMPTN

Skema baru SNMPTN atau SNBP 2023

Sebelum menyimak sosialisasi langsung dari tim SNPMB 2023, ada baiknya calon mahasiswa memperhatikan kembali perubahan skema seleksi PTN khususnya di jalur SNBP.

Perubahan ini telah diatur dalam Permendikbud Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana Perguruan Tinggi.

Istilah SNMPTN resmi diganti menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Sedangkan, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) istilahnya berubah menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Sementara jalur mandiri disebut dengan Seleksi Secara Mandiri oleh PTN.

Pada pelaksanaan SNMPTN 2022, tahapan awal biasanya sudah dimulai sejak awal tahun. Sehingga siswa kelas 12 yang berencana melanjutkan pendidikan di PTN melalui jalur SNBP perlu bersiap-siap mulai dari sekarang.

Baca juga: KIP Kuliah Gratiskan Biaya Pendidikan Mahasiswa, Ini Pesan Kemendikbud

Sebelum melakukan persiapan, cermati terlebih dahulu perbedaan SNMPTN 2022 dengan SNBP 2023. Berikut sejumlah perubahan pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi 2023:

1. Siswa bisa lintas jurusan

Salah satu perubahan mendasar SNBP 2023 dibandingkan SNMPTN 2022 adalah pemilihan jurusan yang dipisahkan berdasarkan jurusan di pendidikan menengah. Sehingga pilihan program studi (prodi) dibatasi berdasarkan jurusan di pendidikan menengah.

Page:
Close Ads X