Cara Memilih Pusat UTBK SNBT 2023, Ada 74 Lokasi Ujian

Kompas.com - 23/03/2023, 11:30 WIB
Pusat UTBK 2023 Dok. SNPMBPusat UTBK 2023

KOMPAS.com - Saat mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer di Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT) 2023, siswa harus memilih pusat UTBK.

Pusat UTBK adalah lokasi ujian yang dilaksanakan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selama SNBT 2023. Terdapat 74 pusat UTBK dan 51 pusat UTBK bagi peserta Tuna Netra.

Perlu dicatat, memilih pusat UTBK bukanlah memilih PTN tujuan saat kuliah. Pilihlah pusat UTBK terdekat dari lokasi tempat tinggalmu. Artinya, tidak masalah bila pusat UTBK berbeda  berbeda dengan PTN pilihanmu.

Melansir laman Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), simak cara memilih pusat UTBK SNBT 2023:

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, Unpad dan Brawijaya

Cara Memilih Pusat UTBK SNBT 2023

1. Cek data diri berupa nama, tempat dan tanggal lahir, NISN, NPSN, Sekolah, nomor KIP Kuliah, dan status kebutuhan khusus pada laman SNPMB.

2. Pada bagian bawah halaman memilih pusat UTBK, siswa dapat memilih Pusat UTBK melalui daftar pilihan yang tersedia.

3. Apabila pilihan lokasi Pusat UTBK siswa sudah sesuai dan benar, maka tekan tombol
Simpan dan Lanjutkan.

Pengisian Konfirmasi Akhir Pendaftaran UTBK

Langkah ini merupakan konfirmasi akhir pendaftaran UTBK-SNBT 2023. Pastikan bahwa Pusat UTBK yang telah siswa pilih sudah benar karena data akan disimpan Permanen. Siswa tidak dapat mengubah data yang telah disimpan permanen.

Baca juga: Segini Biaya Kuliah ITB Jalur Mandiri 2023, Calon Mahasiswa Cek

1. Pada Konfirmasi Pusat UTBK, siswa dapat melihat informasi yang telah Anda isikan sebelumnya, yaitu Nama, Tempat & Tanggal Lahir, NISN, NPSN, Sekolah, Nomor KIP Kuliah (Bagi pendaftar pemegang KIP Kuliah), Status Kebutuhan Khusus, dan Pusat UTBK.

Halaman Berikutnya
Close Ads X