Kisah Hasna, Lulus UTBK SNBT 2024 Unair dengan Nilai 711 di Usia 16 Tahun

Kompas.com - 23/06/2024, 11:09 WIB
Hasna Nur Aulia menjadi siswa termuda yang lulus Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT) 2024 di Universitas Airlangga Dokumentasi UnairHasna Nur Aulia menjadi siswa termuda yang lulus Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT) 2024 di Universitas Airlangga
|

KOMPAS.com - Hasna Nur Aulia menjadi siswa termuda yang lulus Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT) 2024 di Universitas Airlangga ( Unair).

Tepatnya Hasna berhasil diterima di Unair lewat jalur UTBK SNBT 2024 pada usia 16 tahun.

Hasna berhasil lulus di program studi (prodi) Akuntansi Unair dengan perolehan nilai UTBK SNBT 2024 total 711.

Kesuksesannya masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di usia muda salah satunya disebabkan karena Hasna mengikuti program akselerasi selama di sekolah.

Ia mengikuti program akselerasi semasa Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kediri. Selain itu, Hasna juga mulai sekolah pada usia lima tahun.

Baca juga: Cek 34 Prodi D4-S1 Paling Ketat di Unpad pada UTBK SNBT 2024

"Proses akselerasi ini memungkinkan saya untuk mengikuti seleksi SNBT pada usia 16 tahun. Meskipun tergolong muda, saya bisa beradaptasi dengan baik di SMA dan kini siap menghadapi tantangan di perguruan tinggi," kata Hasna dikutip dari laman resmi Unair, Jumat (21/6/2024).

Persiapan SNBT ala Hasna

Perjalanan Hasna untuk lolos SNBT 2024 tidak mudah. Sebelumnya ia harus mengikuti bimbingan belajar SNBT, ia juga konsisten belajar di malam hari sejak awal masuk kelas 12.

Hasna juga mempersiapkan diri secara intensif untuk UTBK. Terutama karena ingin lintas jurusan dan masuk prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

“Awalnya, saya termasuk siswi eligible SNBP. Namun, karena SNBP tidak bisa lintas jurusan, saya memutuskan untuk ikut SNBT. Saya juga melakukan salat istikharah untuk memantapkan keputusan ini,” ujarnya.

Baca juga: Kiat Siswa SMA Labschool Unesa Tembus Kedokteran UGM di UTBK SNBT 2024

Pilihan Hasna ambil Jurusan Akuntansi tidak lepas dari pengaruh orangtua yang juga punya latar belakang jurusan di bidang tersebut.

Page:
Close Ads X