Unpar Buka Pendaftaran Seleksi Mahasiswa Baru, Pakai Nilai UTBK 2024

Kompas.com - 26/06/2024, 07:44 WIB
- -
|

KOMPAS.com - Universitas Katolik Parahyangan ( Unpar), Bandung membuka pendaftaran seleksi mahasiswa baru melalui jalur nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes ( UTBK SNBT) 2024.

Adapun Unpar merupakan salah satu perguruan tinggi pertama di Jawa Barat dan merupakan perguruan tinggi Katolik pertama di Indonesia.

Dikutip dari laman resminya, pendaftaran sebagai peserta seleksi khusus UTBK gelombang pertama dilakukan secara online dengan mengisi atau melengkapi formulir isian yang tersedia sesuai dengan petunjuk.

Jika ingin mendaftar seleksi masuk Unpar menggunakan nilai UTBK SNBT 2024, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebagai berikut:

Baca juga: 5 Jurusan UNS Terketat di UTBK SNBT 2024, D3 Farmasi Nomor 1

Syarat seleksi masuk Unpar lewat jalur UTBK 2024

Persyaratan umum

  • Memiliki minat tinggi untuk melanjutkan studi di Unpar setelah dinyatakan lolos seleksi dan lulus SMA/K.
  • Dapat memilih sampai 3 (tiga) pilihan program studi. (Program Studi Manajemen, Ilmu Hukum, Ilmu Hubungan Internasional dan Arsitektur tidak dapat dijadikan pilihan ke-3).
  • Fakultas Kedokteran hanya bisa menjadi pilihan utama.
  • Biaya formulir pendaftaran sebesar Rp 250.000 (untuk Sarjana dan Sarjana Terapan), Rp 150.000 (untuk Diploma), Rp 750.000 (untuk Kedokteran).

Persyaratan khusus masuk Unpar lewat jalur nilai UTBK SNBT 2024 untuk beberapa program studi adalah sebagai berikut:

1. Program studi (Prodi) Teknik Kimia:

2. Tidak Buta Warna (dibuktikan dengan mengupload Surat Hasil Pemeriksaan Buta Warna dari Dokter Umum/Instalasi Kesehatan Resmi)

3. Prodi Teknik elektro: Mengupload Surat Hasil Pemeriksaan Buta Warna dari Dokter Umum/Instalasi Kesehatan Resmi

4. Prodi Kedokteran: Mengupload Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah/Swasta asli, mengupload Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata asli, mengupload Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) asli.

Syarat dokumen

  • Fotokopi Akta Kelahiran
  • Fotokopi Raport Kelas X - XII yang telah dilegalisir.
  • Sertifikat perolehan hasil UTBK
  • Surat Keterangan Jurusan SMA/K atau Legalisir Ijazah SMA/K

Baca juga: Jurusan di UNS dengan Daya Tampung Terbanyak pada Jalur Mandiri 2024

Catatan penting bagi siswa yang bersekolah di sekolah internasional dinyatakan lolos, pada saat Daftar Ulang harus sudah memiliki penyetaraan ijazah (setara SMA)

  • :Siswa yang berijazah Paket C jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang wajib menyerahkan legalisir ijazah beserta fotocopy rapor kelas 1 sampai dengan kelas 3
  • Asli Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata. (Khusus siswa yang memilih Program Studi Kimia, Teknik Elektro, Kedokteran)
  • Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) (Khusus siswa yang memilih Program Kedokteran)
  • Asli Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah/Swasta (Khusus siswa yang memilih Program Kedokteran)

Baca juga: 7 Jurusan Kedokteran Jalur Mandiri yang UKT di Bawah Rp 20 Juta

Demikian informasi mengenai penerimaan mahsiswa baru Unpar yang bisa menggunakan nilai UTBK SNBT 2024. Informasi dan pendaftaran bisa dilakukan melalui laman https://pmb. unpar.ac.id/.

Close Ads X