Jalin Kerja Sama, Bimbel Ganesha dan Disdik Jambi Harap Dongkrak Jumlah Siswa Tembus PTN dan Kedinasan

Kompas.com - 28/09/2024, 19:00 WIB
Dinas Pendidikan Provinsi Jambi dan Ganesha Operation berkolaborasi menggelar webinar pendidikan bagi siswa kelas 12 SMA/SMK di seluruh Provinsi Jambi (26/9/2024). DOK. GODinas Pendidikan Provinsi Jambi dan Ganesha Operation berkolaborasi menggelar webinar pendidikan bagi siswa kelas 12 SMA/SMK di seluruh Provinsi Jambi (26/9/2024).

KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Provinsi Jambi dan Ganesha Operation berkolaborasi menggelar webinar pendidikan bagi siswa kelas 12 SMA/SMK di seluruh Provinsi Jambi. Webinar bertujuan membantu persiapan siswa menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK).

Melalui webinar ini, Ganesha Operation dan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi berharap siswa dapat lebih siap dalam menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi, baik jalur SNBP maupun SNBT.

Kolaborasi antara lembaga pendidikan formal dan bimbingan belajar seperti ini diharapkan mampu meningkatkan peluang siswa Provinsi Jambi untuk menembus perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi kedinasan terkemuka di Indonesia.

Acara ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom Webinars dan YouTube Ganesha Operation dengan ribuan peserta guru, orangtua, dan siswa (26/9/2024).

Selain diikuti secara daring, beberapa sekolah mengadakan nonton bareng (nobar) webinar, termasuk SMAS Xaverius 1 Jambi yang telah mencatatkan prestasi luar biasa dalam TOBK Nasional Ganesha Operation.

Sekolah ini memiliki rataan nilai tertinggi di Provinsi Jambi dan salah satu siswanya, Natania Aurelia, masuk dalam lima besar siswa dengan nilai tertinggi se-Provinsi Jambi.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, H. Syamsurizal membuka acara dengan memberikan apresiasi kepada Ganesha Operation atas kontribusi  mempersiapkan siswa menghadapi masa depan.

Dia menyatakan, melalui program ini, siswa tidak hanya mendapatkan bimbingan akademis tetapi juga dorongan meningkatkan motivasi belajar."Kegiatan seperti ini sangat penting untuk menyiapkan siswa menuju perguruan tinggi, terutama dalam memahami proses dan tantangan UTBK-SNBT," ungkapnya.

Direktur Utama Ganesha Operation, Prof. Bob Foster menyampaikan, fokus utama webinar ini adalah meningkatkan jumlah kelulusan siswa di Provinsi Jambi ke PTN dan PT Kedinasan melalui UTBK-SNBT.

Menurut Prof. Bob Foster, persiapan matang menjadi kunci keberhasilan dan Ganesha Operation telah berkomitmen memberikan pendampingan komprehensif kepada siswa.

"Pada SNBT 2024, siswa Ganesha Operation mendominasi kelulusan di berbagai perguruan tinggi negeri terkemuka, termasuk Fakultas Kedokteran Universitas Jambi, di mana 50% siswanya merupakan alumni GO," ujar Prof. Bob.

Dalam webinar tersebut, Prof. Bob juga membahas hasil TOBK Nasional juga diikuti oleh siswa dari Provinsi Jambi. Hasilnya sebanyak 32,57 persen peserta berhasil meraih nilai TOBK Nasional GO di atas nilai rataan TOBK se-Indonesia.

Baca juga: Sosok Jindan Peraih Nilai UTBK Tertinggi Unej, Nomor 11 Se-Indonesia

 

Ini menunjukkan siswa-siswi di Provinsi Jambi memiliki potensi besar. "Dengan bimbingan yang tepat dan dukungan dari Ganesha Operation, mereka dapat meraih prestasi akademis yang lebih baik dan lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB)," jelas Prof. Bob.

Close Ads X