Disdik Sumbar dan GO Gelar TOBK bagi Siswa Sumbar, Berbagi Strategi Persiapan UTBK

Kompas.com - 02/10/2024, 11:47 WIB
Ganesha Operation dan Disdik Provinsi Sumbar menggelar webinar bimbingan UTBK-SNBT di Sumater Barat (30/9/2024). DOK. GOGanesha Operation dan Disdik Provinsi Sumbar menggelar webinar bimbingan UTBK-SNBT di Sumater Barat (30/9/2024).

KOMPAS.com - Ganesha Operation dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat ( Sumbar) menggelar webinar bimbingan dan strategi menghadapi UTBK- SNBT (Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes) bagi ribuan siswa di Sumater Barat (30/9/2024).

Melalui webinar ini diharapkan akan mampu meningkatkan peluang kelulusan siswa di Sumbar masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi kedinasan.

Webinar pendidikan dibuka Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Barlius yang mewakili Plt. Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy.

Barlius mengungkapkan rasa terima kasih kepada Ganesha Operation atas inisiatifnya dalam menyelenggarakan Try Out Berbasis Komputer (TOBK) yang telah berperan penting dalam mempersiapkan siswa menghadapi UTBK.

"Sumatera Barat berhasil menempati peringkat ke-7 dari 38 provinsi dengan peserta terbanyak yang lulus PTN melalui jalur SNBP 2024. Saya yakin, dengan kolaborasi ini, kita bisa meningkatkan hasil yang lebih baik juga pada jalur UTBK-SNBT," ujar Barlius.

Dia menekankan, TOBK merupakan alat ukur penting untuk menilai kesiapan siswa, serta berharap dukungan dari guru, orangtua, dan seluruh elemen pendidikan untuk meningkatkan kelulusan siswa Sumatera Barat ke perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi kedinasan.

Barlius juga menyebutkan, TOBK yang digelar Ganesha Operation sangat praktis karena bisa dilakukan melalui ponsel, sehingga memudahkan siswa berlatih soal.

"Dengan sinergi kuat antara pihak sekolah, guru, dan lembaga pendidikan, diharapkan prestasi siswa Sumatera Barat dapat terus meningkat," harap Barlius.

Direktur Utama Ganesha Operation, Prof. Bob Foster  menggarisbawahi siswa Sumatera Barat memiliki potensi luar biasa.

Prof. Bob menambahkan, Ganesha Operation secara khusus memberikan perhatian pada kelulusan siswa, terutama pada jurusan favorit seperti kedokteran, karena Indonesia masih sangat kekurangan tenaga medis.

Page:
Close Ads X