Masuk 15 Terbaik Nasional, Yuk Intip Metode Belajar Sukses UTBK di SMAN 1 dan 3 Yogya

Kompas.com - 11/06/2021, 09:14 WIB
Kepala SMAN 1 Teladan Yogyakarta Drs. Miftakodin, MM., berada di depan pintu masuk sekolahnya. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITKepala SMAN 1 Teladan Yogyakarta Drs. Miftakodin, MM., berada di depan pintu masuk sekolahnya.
|

KOMPAS.com - Menjadi yang terbaik adalah impian setiap sekolah. Bahkan berhasil masuk peringkat 15 besar terbaik nasional.

Hal ini yang dirasakan dua SMA andalan di Yogyakarta. Namanya pasti tak asing lagi karena SMAN 1 'Teladan' Yogyakarta dan SMAN 3 'Padmanaba' Yogyakarta sudah dikenal luas.

Pada penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK) 2020 yang lalu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) merilis daftar Top 1.000 sekolah dengan nilai rerata UTBK Tertinggi Tahun 2020.

Baca juga: SMAN 1 Yogya Peringkat 9 Nasional Versi LTMPT, Ternyata Begini Cara Belajarnya

Kebetulan, SMAN 1 Yogyakarta berada di peringkat 9 dan SMAN 3 Yogyakarta ada di peringkat 12 terbaik nasional di antara SMA, MA, dan SMK se-Indonesia.

Lantas, apa kunci keberhasilan kedua sekolah tersebut? Bagaimana metode belajar yang diterapkan pada siswa di kedua sekolah ini?

Kepada Kompas.com, Jumat (11/6/2021), Kepala SMAN 1 Teladan Yogyakarta Drs. Miftakodin, MM., membeberkan kunci dari keberhasilannya tersebut.

Menurutnya, ada 3 kunci dari keberhasilan sekolahnya sehingga bisa berada di peringkat 9 nasional.

1. Membangun ekosistem pembelajaran yang kondusif

Kunci pertama ialah bisa membangun ekosistem antara pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat (alumni).

2. Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Page: