Kemendikbud Ristek Minta Siswa Pilih Jurusan di PTN Sesuai Minat

Kompas.com - 05/01/2022, 12:31 WIB
Ilustrasi perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi perguruan tinggi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Plt. Dirjen Dikti Ristek Kemendikbud Ristek, Prof. Nizam berpesan kepada seluruh siswa SMA atau sederajat untuk dapat memilih jurusan di Perguruan Tinggi Negeri ( PTN) yang sesuai potensi dan minat yang diinginkan.

"Dengan begitu, mahasiswa bisa mampu menjalankan kegiatan perkuliahan dengan lebih bahagia dan mampu menentukan pilihan pekerjaan yang sesuai di masa depan," ucap Nizam dalam keterangan resminya, Rabu (5/1/2022).

Baca juga: LTMPT: Ada Perubahan Mekanisme Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2022

Tahun 2021, kata dia, tes di perguruan tinggi berjalan dengan lancar tanpa dibarengi oleh insiden atau masalah yang berarti meskipun berada di tengah pandemi Covid-19.

Namun masih dapat dijalankan secara luring dan tidak ada klaster baru atas pelaksanaan itu.

Ke depannya, dia berharap tes dapat dilakukan secara lancar, sukses dan mampu mengantarkan siswa Indonesia untuk ada di perguruan tinggi berdasarkan kepada minat dan tujuannya masing-masing.

Dia menyebut, pemerintah akan memberikan bantuan pendidikan bagi siswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Untuk itu, siswa harus mengajukan bantuan biaya pendidikan skema KIP Kuliah terlebih dahulu. Informasi detil dapat dilihat pada website Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan di https://puslapdik.kemdikbud.go.id.

Informasi resmi tentang SNMPTN dan UTBK- SBMPTN 2022 dapat dilihat melalui laman http://www.ltmpt.ac.id.

Mekanisme penerimaan mahasiswa baru PTN 2022

Ketua LTMPT, Mochamad Ashari, dalam penerimaan mahasiswa baru PTN tahun 2022, satuan pendidikan dan siswa harus melakukan registrasi akun pada laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) terlebih dahulu melalui https://portal.ltmpt.ac.id.

Baca juga: 10 PTN Terbaik di Pulau Jawa, Kamu Pilih yang Mana?

"Berbeda di 2021, kegiatan registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa pada tahun 2022 tidak bersamaan agar bisa memberi kesempatan sekolah untuk mendaftar dan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)," ucap dia.

Halaman Berikutnya
Page:
Close Ads X