Yuk Cermati 7 Ketentuan Seleksi SNMPTN 2022

Kompas.com - 12/01/2022, 12:06 WIB
Tahapan SNMPTN 2022 DOK. LTMPTTahapan SNMPTN 2022
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Siswa kelas 12 yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tentu sudah mulai melakukan berbagai persiapan.

SNMPTN menjadi seleksi masuk pertama yang dibuka pemerintah atau dikenal juga dengan Jalur Undangan. Salah satu tahapan yang saat ini tengah berlangsung yakni membuat akun di portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) bagi siswa.

Meski memiliki segudang prestasi, kamu tetap harus mempersiapkan strategi agar bisa lolos dalam jalur seleksi ini.

Salah satu yang harus diketahui adalah ketentuan seleksi dan sistem penilaian jalur SNMPTN. Merangkum dari laman Ruang Guru, Rabu (12/1/2022), ada 7 ketentuan pada SNMPTN 2022. Yuk cermati bersama ulasan berikut ini.

Baca juga: Pelita Air Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA Sederajat, Ayo Daftar

1. Sekolah melakukan pemeringkatan siswa

Perlu diketahui bahwa tidak semua siswa dapat menjadi peserta SNMPTN. Di tahap awal, sekolah akan melakukan pemeringkatan siswanya berdasarkan beberapa kriteria yaitu akreditasi sekolah dan nilai rapor semester 1-5. Pemeringkatan ini dilakukan dengan mempertimbangkan nilai dari mata pelajaran berikut:

  • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

Apabila kamu tidak lolos dalam pemeringkatan SNMPTN, kamu tidak bisa lagi melanjutkan proses pendaftaran SNMPTN.

Baca juga: Dosen UGM Ungkap Ada 2 Kategori Spirit Doll, Ada yang untuk Santet

2. Kualifikasi individu atau prestasi siswa

Dalam SNMPTN 2022, salah satu hal yang jadi perhitungan adalah nilai rapor. Meski penting, tapi bukan satu-satunya kriteria penilaian SNMPTN. Seleksi SNMPTN yang dilakukan LTMPT didasari pada prinsip yaitu untuk mendapatkan calon mahasiswa berkualitas secara akademik dengan melihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih.

Semua prestasi yang diperoleh di tingkat daerah hingga internasional juga memiliki peran penting dalam sistem penilaian SNMPTN. 

3. Akreditasi sekolah

Jumlah siswa yang dapat mendaftar pada SNMPTN ditentukan akreditasi masing-masing sekolah. Pada SNMPTN tahun 2022, sekolah dengan akreditasi A akan diberikan kuota 40 persen siswa terbaik.

Sementara itu, sekolah dengan akreditasi B diberikan kuota 25 persen siswa terbaik dan akreditasi C untuk 5 persen siswa terbaik.

Page:
Close Ads X