Unesa Akan Terima 11.105 Mahasiswa Baru 2022, Kuota Terbanyak SBMPTN

Kompas.com - 15/02/2022, 18:36 WIB
Kampus Unesa DOK. Laman UnesaKampus Unesa
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Negeri Surabaya ( Unesa) menambah kuota penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2022 di jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri.

Yakni, jumlahnya menjadi 11.105 mahasiswa baru di tahun akademik 2022/20223.

Baca juga: Unri Terima Mahasiswa Baru 2022 dari 3 Jalur, Kuota SBMPTN Terbanyak

Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa, Prof. Bambang Yulianto menyampaikan, atas berbagai pertimbangan memang ada penambahan kuota mahasiswa baru.

Adapun jumlah daya tampung Unesa pada tiga jalur penerimaan mahasiswa baru 2022, yakni SNMPTN sebanyak 2.862 mahasiswa, SBMPTN sebanyak 5.038 mahasiswa dan sebanyak 3.205 mahasiswa pada jalur mandiri.

Kenaikan kuota pada 74 program studi (Prodi) Unesa, salah satunya mengakomodasi tingginya minat putra-putri tanah air untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri ( PTN).

"Kemudian juga untuk memberikan kesempatan yang luas kepada putra-putri terbaik dan talenta daerah untuk meningkatkan kompetensi di perguruan tinggi," ucap dia melansir laman Unesa, Selasa (15/2/2022).

Kiat memperoleh satu kursi di SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri

Guru Besar Linguistik Unesa itu membeberkan beberapa strategi yang bisa diperhatikan baik oleh sekolah, siswa maupun orangtua dalam meraih satu kursi di SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri.

Pertama, memerhatikan penyebaran prodi yang dipilih oleh siswanya. Jangan sampai beberapa siswanya memilih prodi yang sama di kampus yang sama.

Baca juga: Dibuka Mulai Hari Ini, LTMPT: Berikut Cara Daftar SNMPTN 2022

"Baiknya memilih prodi lain di kampus yang sama atau prodi yang sama di kampus lain," sebut dia.

Dia mencontohkan, misalnya ada 15 siswa dari sekolah yang sama, 7 di antaranya mendaftar di prodi yang sama kampus yang sama.

Page:
Close Ads X