6 Cara Tingkatkan Peluang Lolos SNMPTN

Kompas.com - 17/02/2022, 13:54 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

 

KOMPAS.com - Apabila saat ini kamu merupakan siswa SMA/MA kelas XII yang sedang mengikuti seleksi mahasiswa baru, cobalah tips memilih program studi dari salah satu guru besar Universitas Negeri Surabaya ( Unesa).

Guru Besar Linguistik Unesa, Prof Bambang membeberkan beberapa strategi yang bisa diperhatikan baik oleh sekolah, siswa maupun orangtua saat memilih prodi.

Pertama, memerhatikan penyebaran prodi yang dipilih oleh siswanya. Menurutnya, jangan sampai beberapa siswanya memilih prodi yang sama di kampus yang sama. Baiknya, memilih prodi lain di kampus yang sama atau prodi yang sama di kampus lain.

Baca juga: 6 Tahapan Lengkap Daftar SNMPTN 2022 di portal LTMPT

Dia mencontohkan, misalnya ada 15 siswa dari sekolah yang sama, 7 di antaranya mendaftar di prodi yang sama kampus yang sama.

“Jika sama-sama bagus, lima orang itu bersaing dengan sesama temannya dari sekolah itu, padahal misalnya jatah masing-masing sekolah maksimal dua atau tiga orang,” terangnya, dilansir dari laman Unesa.

Pria yang juga menjabat menjadi wakil rektor bidang akademik ini mengatakan hal kedua adalah perlu memerhatikan tingkat persaingan di prodi yang dipilih.

Karena itu, sekolah, siswa atau orang tua bisa mencari tahu terlebih dahulu informasi seputar prodi dan kampus tujuan. Untuk yang ingin mendaftar ke Unesa bisa langsung mengunjungi laman admisi. unesa.ac.id.

Di sana langsung ada data penerimaan mahasiswa tahun sebelumnya yang bisa jadi referensi persaingan prodi di Unesa.

Baca juga: Sea Buka Beasiswa Penuh 2022 di UI, UGM, ITB, IPB, Binus, IT Del

Sementara itu, Kepala Satuan Admisi Unesa, Sukarmin melanjutkan kiat yang ketiga, bagi peserta yang mendaftar, baiknya tidak lintas bidang atau dari IPA ke IPS atau sebaliknya.

Pada dasarnya memang tidak masalah. Namun, dia menegaskan, peserta tidak hanya berpikir bagaimana bisa masuk kuliah, tetapi juga harus berpikir bagaimana proses kuliahnya nanti.

Page:
Close Ads X