Dugaan Kecurangan UTBK SBMPTN, Rektor UPN Veteran Yogyakarta Bantah Panitia Terlibat

Kompas.com - 28/06/2022, 11:22 WIB
Ilustrasi ujian. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi ujian.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Viral foto-foto nama peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi ( SBMPTN) di Twitter pada hari Senin (20/6/2022) yang bertempat di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta.

Dari foto-foto tersebut diduga ada yang melakukan kecurangan saat mengerjakan soal-soal UTBK SBMPTN.

Rektor UPN Veteran Prof. Dr. Mohammad Irhas Effendi mengatakan kasus ini sudah diselesaikan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Pusat.

Dia membantah bahwa nama dan foto yang tersebar di media sosial tersebut sengaja ditempatkan di UPN Veteran.

"Sudah diselesaikan di LPMPT pusat, kita sudah koordinasi dengan LPMPT pusat. Intinya kita ikuti ketentuannya di LPMPT," katanya ditemui di Gesung Rektorat UPN Veteran Yogyakarta, Selasa (28/6/2022).

Dia juga membantah adanya keterlibatan dari panitia UTBK SBMPTN di UPN Veteran Yogyakarta.

"Enggak informasi itu tidak ada di kita (dugaan keterlibatan panitia). Memang kecurangan itu mungkin saja terjadi di beberapa tempat tapi kita tidak ada info itu," katanya.

Baca juga: Peserta UTBK SBMPTN di Yogyakarta Diduga Curang, Ini Tanggapan UPN Veteran dan LTMPT

Terkait berapa jumlah pasti peserta yang diduga melakukan kecurangan dia mengaku tak ingat secara pasti. Namun peserta yang diduga melakukan kecurangan berkisar 15 orang.

"Saya enggak ingat mungkin sekitar itu (15)," katanya.

Irhas mengatakan bahwa antispasi kecurangan sebenarnya telah dilakukan oleh panitia penyelenggara dengan cara membagikan alat tulis dan soal secara langsung.

Page:
Close Ads X