UTBK SNBT 2023: Materi Ujian, Jumlah Soal dan Alokasi Waktu Tes

Kompas.com - 02/12/2022, 09:00 WIB
Ilustrasi jumlah soal dan alokasi waktu Ujian Tulis Berbasis Komputer) UTBK) saat seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi jumlah soal dan alokasi waktu Ujian Tulis Berbasis Komputer) UTBK) saat seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri.

KOMPAS.com - Siswa SMA atau SMK harus tahu jumlah soal dan materi apa saja dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2033.

Mengetahui jumlah soal dan materi yang keluar saat UTBK SNBT membantu siswa atau calon peserta bisa belajar lebih maksimal.

Berbeda dari tahun sebelumnya, saat UTBK SNBT masih bernama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2022, tahun depan siswa tak perlu mengikuti Tes Potensi Akademik atau TKA.

Baca juga: SNPMB 2023, Siswa dari IPA, IPS, dan Bahasa Bebas Pilih Prodi PTN

Materi dalam UTBK SNBT 2023 ini, berupa Tes Potensi Skolastik atau TPS, Literasi dalam Bahasa Indonesia dan dalam Bahasa Inggris, Penalaran Matematika.

Selama UTBK SNBT, siswa atau calon peserta wajib mengerjakan 3 materi ujian dengan jumlah soal 160 soal dan dikerjakan para peserta dalam waktu kurang lebih 195 menit.

Dilansir dari laman Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 Masing-masing materi ujian UTBK SNBT ini memiliki subkomponen tes. Misalnya seperti materi TPS memiliki 4 subkomponen tes yang masing-masing komponen dikerjakan dalam waktu kurang lebih 25 menit.

Lalu, berapa jumlah soal dan alokasi waktu pengerjaan dari 4 materi ujian UTBK SNBT 2023? Berikut rinciannya.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, dan Unpad 2022

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS terdiri dari empat komponen, antara lain sebagai berikut

Kemampuan Penalaran Umum

Yakni menguji kemampuan peserta UTBK SNBT untuk secara terarah dan terkendali menggunakan prosedur-prosedur untuk memecahkan masalah-masalah baru yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan menggunakan kebiasaan-kebiasaan yang sudah dipelajari sebelumnya.

Page:
Close Ads X