Contoh Soal UTBK SNBT 2023, Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Kompas.com - 05/12/2022, 09:07 WIB
Ilustrasi siswa, contoh soal UTBK SNBT 2023 lengkap. Shutterstock/Ibenk_88Ilustrasi siswa, contoh soal UTBK SNBT 2023 lengkap.

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru ( SNPMB) 2023 tidak lama lagi akan dimulai. Diawali dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), dilanjutkan dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Berbeda dengan SNBP atau juga sering disebut jalur undangan yang menggunakan seleksi nilai rapor, pada SNBT dan Seleksi Mandiri, siswa akan mengikuti tes masuk PTN. Di tahun 2023, tes SNBT terdiri dari Tes Potensi Skolastik, Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika.

Mengerjakan soal UTBK SNBT 2023 perlu dicoba para calon mahasiswa untuk lebih memahami materi UTBK SNBT.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, dan Unpad 2022

Berikut contoh soal UTBK SNBT 2023:

1. Literasi dalam Bahasa Indonesia

Contoh soal nomor 1

Meskipun mobil listrik tidak dapat dikatakan sebagai penemuan abad ke-21, teknologi ini baru dipopulerkan beberapa tahun terakhir. Mobil listrik adalah mobil dengan mesin pendorong berupa motor listrik yang energinya diambil dari baterai isi ulang. Berita paling menonjol dalam teknologi ini di antaranya adalah usaha pembangunan tempat pengisian daya pengganti pompa bensin. Pada dasarnya, stasiun pengisian daya dapat ditempatkan di mana saja, bahkan di rumah sekalipun. Dibandingkan dengan kendaraan bermesin pembakaran internal, mobil listrik lebih senyap dan tidak memiliki emisi gas buang.

Mobil listrik hemat energi dan tidak menyebabkan banyak polusi udara dan suara. Mobil listrik ini merupakan alternatif yang baik yang dapat mengurangi pencemaran lingkungan, termasuk lingkungan atmosfer yang dapat menyebabkan perubahan iklim. Perubahan iklim adalah masalah nyata dan tantangan terhadap pemanasan global yang merupakan persoalan sangat serius yang harus ditemukan solusinya.

Baca juga: Mengenal Tes Penalaran Matematika SNPMB 2023, Materi Ujian Masuk PTN

Kendaraan listrik juga hadir dengan beberapa kekurangan. Salah satunya adalah bahwa stasiun pengisian daya tidak tersedia di semua area dan bahkan mungkin sulit ditemukan. Paket baterai di kendaraan listrik lebih mahal untuk diganti daripada yang ada di kendaraan biasa karena kapasitas dayanya harus besar. Akibatnya, waktu pengisian baterai lama dan volume ataupun berat baterai sangat besar sehingga mobil listrik menjadi lebih berat. Daya yang bisa disimpan baterai sampai saat ini masih terbatas yang berakibat baterai seperti tidak berguna untuk berkendara jarak jauh.

Sejumlah pemerintah di dunia telah memperkenalkan kebijakan untuk mendukung adopsi masal kendaraan listrik. Berbagai kebijakan telah ditetapkan untuk memberikan insentif nonmoneter, subsidi untuk penyebaran infrastruktur pengisian daya, dan peraturan jangka panjang dengan target khusus. Inti kebijakan tersebut adalah mendorong pengembangan dan penggunaan mobil listrik. Kebijakan ini perlu didukung mengingat kelebihan-kelebihan mobil listrik yang telah dikemukakan di atas dan bahan bakar fosil yang akan habis dalam waktu yang tidak lama lagi.

Pernyataan di bawah ini yang merupakan opini penulis sesuai bacaan adalah ….

Close Ads X