3 Sekolah Terbaik di Kota Surabaya dan Profilnya

Kompas.com - 05/12/2022, 10:01 WIB
Siswa SMA Katolik St. Louis 1 DOK. SMA Katolik St. Louis 1Siswa SMA Katolik St. Louis 1

KOMPAS.com – Sejumlah sekolah di Indonesia masuk dalam pemeringkatan sekolah terbaik berdasarkan rerata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 tertinggi versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT).

Dari daftar yang dikeluarkan pada Jumat (26/8/2022), beberapa sekolah di Provinsi Jawa Timur (Jatim), Kota Surabaya berhasil menyabet sekolah terbaik berdasarkan nilai UTBK 2022.

Untuk mengetahui tentang ketiga sekolah tersebut, berikut profil singkatnya berdasarkan rangkuman Kompas.com, dilansir dari laman masing-masing sekolah.

Baca juga: Contoh Soal UTBK SNBT 2023, Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri

1. SMA Katolik St. Louis 1

Sekolah ini berhasil menduduki peringkat pertama sebagai sekolah swasta terbaik se-Indonesia. Sekolah yang terletak di Jalan Polisi Istimewa No.7, Keputran, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur ini dinakhodai oleh Dra. Sri Wahjoeni Hadi S.

Apabila mengulik sejarah berdirinya, SMA Katolik St. Louis 1, sekolah katolik ini didirikan pada 1951 oleh Kongregasi Bruder Santo Aloysius (CSA). SMA Katolik St. Louis 1 menerapkan metode proses belajar mengajar (PBM) inclass dan outing class. Kegiatan inclass anak-anak dibiasakan dengan diskusi, presentasi, collaborative learning, guest teaching, dan lain-lain.

Untuk outing class, ada berbagai kegiatan, seperti kampung syukur, studi sosial budaya, studi ekskursi, studi industri untuk anak anak IPS, imersi, retret, dan masih banyak lagi.

SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya mengusung tagline "Be Excellent In Faith and Knowledge" yang berupaya meningkatkan mutu pendidikan akademik dan non-akademik peserta didik.

Hal tersebut diimplementasikan dengan menerapkan berbagai program yang terencana dengan baik, seperti persiapan siswa untuk studi di dalam dan luar negeri dan student exchange untuk berdinamika ke luar negeri.

Baca juga: 3 Kota Pelajar Terbaik Indonesia Versi QS 2023, Ada Kotamu?

Selain itu, sekolah ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai. Oleh karena itu, tidak heran kalau sekolah ini mampu mencetak banyak tokoh berpengaruh, seperti Ignasius Jonan (mantan Menteri ESDM dan Menteri Perhubungan).

2. SMAN 5 Surabaya

Sekolah ini terletak di Jalan Kusuma Bangsa No.21, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur, yang berdiri sejak 18 Oktober 1957.

Page:
Close Ads X