Begini Cara Menghitung Peluang Lolos SNMPTN, Siswa Wajib Tahu

Kompas.com - 02/02/2022, 09:48 WIB
Ilustrasi belajar agama di internet. DOK. FREEPIKIlustrasi belajar agama di internet.

KOMPAS.com - Rangkaian proses Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Nasional ( SNMPTN) 2022 kini memasuki masa registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bagi sekolah dan siswa.

Bagi para siswa yang siap registrasi akun, ada baiknya sambil melakukan pendaftaran juga melihat bagaimana seleksi SNMPTN dilakukan. Pada seleksi SNMPTN, untuk penilaian sendiri didasarkan pada nilai rapor.

Selain rapor, komponen lain seperti sertifikat, portofolio, hingga track record alumni juga menjadi pertimbangan.

Lalu, bagaimana agar kamu tahu seberapa besar peluang kamu lolos SNMPTN? Dilansir dari laman Ruangguru berikut cara mengukur peluang lolos SNMPTN dengan menghitung nilai rapor dan faktor lainnya.

Baca juga: Kisi-kisi UTBK SBMPTN, Materi IPA dan IPS yang Sering Keluar di UTBK

1. Menghitung rata-rata nilai rapor

Dengan menghitung rata-rata nilai rapor, kamu bisa membandingkan nilai rapor kamu dengan nilai rapor alumni yang lolos SNMPTN di tahun-tahun sebelumnya atau peserta SNMPTN lainnya. Kamu jadi dapat memperkirakan deh peluang lolos kamu di jurusan dan PTN yang dipilih.

Perhitungannya, adalah menghitung rata-rata nilai rapor semester 1 hingga 5 yang akan digunakan dalam penilaian SNMPTN.

Nilai yang dihitung adalah semua nilai mata pelajaran teori, kecuali mata pelajaran muatan lokal. Namun, jika suatu mata pelajaran hanya ada nilai praktik saja (biasanya untuk SMK), maka anggap nilai praktik sebagai nilai teori. Caranya adalah dengan menjumlahkan nilai semester 1 hingga semester 5 kemudian dibagi 5.

Untuk jenjang SMA dan SMK ada perbedaan dalam cara menghitung nilai rapor sesuai dengan mata pelajaran masing-masing. Lihat detailnya berikut ini.

Baca juga: Persiapan Daftar KIP Kuliah 2022, Cek Syarat dan Besar Bantuan

SMA jurusan IPA

Mata pelajaran yang dinilai untuk jurusan IPA adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

Halaman Berikutnya
Page:
Close Ads X